4 HAL YANG HARUS DISIAPKAN SEBELUM MEMBUAT BLOG

Setelah anda memiliki rekening di bank, maupun rekening PayPal, maka langkah selanjutnya untuk mencoba menghasilkan uang dari internet melalui blog adalah dengan membuat blog.
Bagaimana caranya membuat blog?

Caranya sangat mudah



Tapi Tunggu dulu!!!

Sebelum snda memulai proses pembuatan sebuah blog, ada beberapa hal yang harus anda cermati. Guna mendukung kelancaran dan kenyamanan dalam proses pembuatan blog serta kemajuan blog itu sendiri nantinya.

Dari pengalaman para blogger (termasuk saya sendiri), beberapa diantaranya pernah mengalami Bongkar - Edit blog. Edit sana edit sini, ganti ini ganti itu. Alasannya tentu sangat beragam. Yang jelas semua proses itu memakan waktu dan menguras pikiran serta tenaga yang lumayan melelahkan.

4 kesalahan blogger yang harus diwaspadai oleh CaBlog (calon blogger)

* Tidak adanya konsep yang jelas mengenai spesifikasi blog (baik tema maupun sifatnya)
Hal ini tentu saja akan membuat sebuah blog kehilangan identitasnya, kehilangan ciri khasnya. Ingat.., ciri khas atau unique factor sangat menentukan dalam memberi kesan terhadap para pegunjung

* Pemberian judul/blog title yang tidak sesuai
Tidak sesuai dengan apa?
-tidak sesuai dengan isi konten
-tidak sesuai dengan materi artikel
-tidak sesuai dengan minat si blogger
-tidak sesuai dengan bidang keahlian si blogger sehingga si blogger merasa kesulitan karena harus menyampaikan materi yang tidak dikuasainya

*Pemberian nama tampilan yang asal-asalan (asal jadi, asal ada)
Padahal, nama tampilan ini nantinya akan dipakai untuk menandatangani setiap artikel yang di posting (posted by:nama_tampilan_anda, atau diposkan oleh:nama_tampilan_anda)

*Alamat url blog yang juga asal-asalan
Hal ini terkait dengan pemberian nama tampilan yang asal-asalan. Pada akhirnya anda kurang PeDe dalm mempublikasikan alamat url blog anda (habis alamat blog saya aneh, ribet, susah di eja, panjang banget, dll).

Mungkin 4 hal diatas adalah masalah yang paling sering dialami oleh para blogger. Sehingga memaksa mereka untuk melakukan bongkar-edit pada blognya. Nah, tentunya anda tidak mau mengalami masalah seperti itu bukan..?

Sebagian dari anda mungkin bertanya-tanya "lalu apa yang harus saya lakukan untuk menghindari hal tersebut?
Sementara sebagian lagi sudah bisa menarik kesimpulan. Apa yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut

Oke, sebenarnya dari penjelasan diatas, saya yakin anda sudah tahu harus berbuat apa. Setidaknya sudah bisa mengambil kesimpulan. Walaupun begitu, saya akan mencoba menjelaskannya dengan lebih rinci. Karena saya sudah terlanjur memberi judul artikel ini dengan "4 hal yang harus disiapkan sebelum membuat blog". Tidak lucu saja kalau saya harus berhenti disini (Dilarang beerhenti disini!!!)

Ya sudah, tak apalah...
Ini dia nih, sumber masalahnya:

Tentukan Tema
-Tema umum, blog seperti ini bersifat umum sehingga anda bisa memuat artikel tentang apa saja yang anda suka. Yang penting menarik.
-Tema khusus, blog jenis ini biasasnya lebih fokus, lebih konseptiv dan terarah untuk membahas masalah-masalah yang berkaitan dengan judul blog
-Pribadi, blog seperti inilah yang sering disebut orang sebagai diary online. Karena memang didedikasikan untuk menampung segala bentuk artikel yang bersifat pribadi

Tentukan Judul Blog
Setelah anda menentukan tema, maka akan lebih mudah untuk anda menentukan judul blog. Misalkan anda ingin membuat blog, dan karena anda menyukai puisi maka anda berniat untuk membuat blog yang berisi tentang puisi-puisi anda. Lalu anda memberi judul blog anda dengan salah satu judul puisi favorit anda ("Aku dan Serumpun Sunyi") misalkan.

Menentukan nama Tampilan
Nama tampilan sangat penting karena akan dipakai untuk menandatangani artikel yang anda posting. Juga menentukan dalam pembuatan alamat url blog anda. Jadi buatlah nama tampilan yang bagus, unik, lain dari yang lain. Boleh juga menggunakan nama asli anda (ini termasuk tipe orang-orang yang jujur... Jujur apa narsis ya..?).
Sebagai contoh nama anda tukul

Menentukan alamt url Blog
Alamat url adalah yang akan diakses untuk menemukan blog anda (contoh alamat url saya loekas.blogspot.com). Kalau anda mengetikkan alamat itu pada web browser maka anda akan dibawa menuju blog saya ini.
Bagaimana cara membuat alamat url blog ?
Nah disinilah anda harus paham. Nama tampilan anda sangat berpengaruh pada ketersediaan alamat url blog anda.
Singkatnya, nama tampilan harus disertakan pada alamat url blog anda (boleh ditambah dengan kata lain). Misalkan nama tampilan anda tukul, maka alamt url yang relevan adalah
tukul.blogspot.com atau boleh ditambah menjadi
radenmastukul.blogspot.com

Nah, bagaimana anda sudah siap membuat sebuah blog?
Tunggu posting saya selanjutnya!!!

2 komentar:

budi evex mengatakan...

thank mas bro atas infonya......kebetulan saya lagi belajar membuat blog....
ingin mencari penghasilan tambahan.....heee

budi evex mengatakan...

thank mas bro atas infonya......kebetulan saya lagi belajar membuat blog....
ingin mencari penghasilan tambahan.....heee

Posting Komentar

blog ini 100% dofollow...
silakan berkomentar sepuasnya...